Mengenal 10 Jenis Soto di Indonesia Yuk! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Friday, 14 August 2020

Mengenal 10 Jenis Soto di Indonesia Yuk!

Portalgenz.com – Soal kuliner, Indonesia tentu tidak perlu diragukan lagi. Bahkan bisa dibilang bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan kuliner terkaya. 

Bagaimana tidak, setiap daerah memiliki keunikan kulinernya tersendiri, dan hal inilah yang membuat nusantara kaya akan berbagai macam kuliner yang menggugah selera. Mudahnya menanam dan mendapatkan rempah serta pengaruh berbagai budaya juga merupakan salah satu alasan lainnya dibalik beragamnya kuliner Indonesia.

Tetapi jika sedang membicarakan soal kuliner Indonesia, makanan yang satu ini tidak boleh ketinggalan untuk dibahas. Yap, apalagi kalau bukan Soto. 

Soto adalah makanan khas Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran, serta berisi daging dan aneka isian lainnya. Daging yang paling sering digunakan adalah daging sapi dan ayam, meskipun ada pula yang menggunakan daging kambing. 

Adapun isian dari Soto biasanya berbeda-beda sesuai kekhasan di tiap daerah. Penyajian dan hidangan pelengkap dari Soto juga berbeda di setiap daerah. Ada yang dihidangkan dengan nasi, mie, bihun, lontong, hingga ketupat. Sambal yang biasanya menjadi hidangan pelengkap Soto pun kerap berbeda sesuai dengan daerahnya. Ada Soto yang dihidangkan bersama sambal rebus, sambal kecap, hingga sambal kacang.

Uniknya, karena Soto memiliki banyak sekali varian, biasanya Soto diberi nama sesuai dengan nama daerah asalnya. Tetapi ada pula jenis Soto yang diberi nama sesuai isinya, seperti Soto Ayam, Soto Daging, Soto Mie, atau Soto Babat.

Dengan ulasan pembuka ini, sobatgenz sudah semakin penasaran dengan jenis-jenis Soto yang ada di berbagai daerah di Indonesia belum? Kalau penasaran, simak rangkumannya dibawah ini yuk, sekaligus mengenal perbedaan Soto di setiap daerah di Indonesia!


1. Soto Betawi

Foto: doyanresep.com


Siapa yang tak tahu Soto Betawi? Soto asli ibukota Jakarta ini memang sudah terkenal hingga ke penjuru negeri. Citarasa dari Soto Betawi terbilang unik dan istimewa. Pasalnya Soto Betawi menggunakan susu sebagai bahan utama pembuatan kuah dari sotonya. Maka tak heran jika Soto Betawi memiliki rasa yang gurih dan ringan.

Dalam penyajiannya, Soto Betawi biasanya dihidangkan dengan potongan daging sapi, potongan jeroan sapi, tomat, kentang, emping, minyak samin, dan irisan jeruk nipis.


2. Soto Mie Bogor

Foto: pinterest.com


Persis seperti namanya, Soto Mie Bogor merupakan hidangan Soto khas Bogor dengan mie kuning sebagai primadonanya. Tak hanya mie kuning, Soto berkuah kemerahan ini juga memiliki isi potongan daging sapi atau daging babat, risoles, kol, dan potongan tomat.

Karena sudah berisi mie kuning sebagai karbohidrat, Soto Mie Bogor biasanya tidak dihidangkan bersama nasi. Tambahkan taburan bawang goreng dan sambal merah rebus sesuai selera, Soto Mie Bogor tentu menggoyang lidah sejak suapan pertama! 


3. Soto Bandung

Foto: idntimes.com


Jika biasanya hidangan Soto terdiri atas banyak isian dan dimasak dengan banyak rempah, Soto Bandung justru cenderung memiliki sedikit varian isian dan dimasak dengan bumbu yang lebih sederhana.  

Soto Bandung memiliki isian potongan daging sapi, potongan lobak, potongan tomat, dan taburan kacang kedelai yang kemudian disiram dengan kuah bening. Jangan tertipu dengan tampilannya yang sederhana, Soto Bandung rasanya tak kalah lezat dengan soto lainnya!


4. Soto Lamongan

Foto: doyanresep.com


Kota Lamongan yang berada di Provinsi Jawa Tengah juga terkenal akan Soto nya lho! Keunikan dari soto ini terdapat pada bubuk koya yang ditaburkan di atas soto, sehingga memiliki citarasa gurih yang khas dan berbeda dari soto dari daerah lain.

Memiliki kuah bening kekuningan, Soto Lamongan berisi irisan daging ayam, bihun, kol, tauge, dan irisan telor rebus. Biasanya Soto Lamongan disajikan bersama nasi hangat, baik dicampur ataupun dipisah.


5. Soto Kudus

Foto: id.pinterest.com


Walaupun sama-sama dari Jawa Tengah, Soto Kudus memiliki ciri khas yang tidak dapat ditemukan di Soto Lamongan, ataupun di soto-soto daerah lainnya. Soto Kudus menggunakan daging ayam atau daging kerbau sebagai protein utamanya. Konon katanya, hal ini merupakan cara bagi Sunan Kudus untuk menunjukan toleransi terhadap umat Hindu yang menggangap sapi sebagai hewan yang disucikan.

Selain daging ayam atau daging kambing, semangkuk Soto Kudus biasanya dihidangkan bersama tauge, selederi, serta irisan bawang merah dan bawang putih yang digoreng. Kemudian isian soto disiram dengan kuah bening bercitarasa gurih. Uniknya, Soto Kudus disajikan menggunakan mangkuk berukuran kecil.


6. Soto Madura

Foto: selerasa.com


Sesuai dengan namanya, Soto ini berasal dari Madura, Jawa Timur. Soto yang satu bisa dibilang memiliki isian yang cukup banyak, yakni potongan daging sapi, potongan jeroan sapi seperti paru dan babat, ditambah dengan potongan kentang goreng, kecambah, telur rebus, bihun, dan kol. Siram dengan kuah gurih khas Soto Madura dan disantap bersama rempeyek, menyantap Soto Madura dijamin buat ketagihan!


7. Soto Padang

Foto: indoblog.net


Soal kuliner, Padang memang tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Jangan salah, Padang nyatanya juga memiliki soto yang nikmat lho.

Masih dengan cirikhas kuliner Padang yang kaya akan rempah, kuah dari Soto Padang juga terdiri atas banyak rempah, seperti jahe, serai, daun bawang, daun jeruk, dan cuka yang berpadu menjadi kuah soto bening yang nikmat. Soto Padang berbahan dasar dendeng sapi yang dihidangkan dengan bihun dan perkedel kentang. Soto asal Provinsi Sumatera Barat ini disajikan dengan nasi hangat dan kerupuk merah khas Soto Padang.


8. Soto Medan

Foto: id.pinterest.com


Bergeser ke ibukota Provinsi Sumatera Utara, terdapat Soto Medan yang juga terkenal akan kelezatannya. Ciri khas dari Soto ini terletak pada kuahnya yang berbahan dasar dari santan, sehingga menghasilkan kuah yang kental.

Daging sapi, daging ayam atau udang biasanya adalah primadona dari soto ini. Tak hanya itu, Soto Medan juga terdiri atas perkedel kentang, telur, emping, dan irisan tomat. Terkadang Soto Medan juga ditambahkan tauge dan bihun.


9. Soto Banjar

Foto: jalajahnusae.com


Kalimantan juga tersohor karena kenikmatan sotonya lho! Adalah Soto Banjar, soto khas Kalimantan yang terkenal karena disajikan dengan irisan lontong.

Kuah bening dari Soto Banjar juga terdiri atas banyak rempah, seperti kayu manis, cengkeh dan biji pala. Biasanya semangkuk Soto Banjar diisi dengan irisan ayam, perkedel, telur, dan bihun.


10. Coto Makassar


Bukan, ini bukan karena salah ketik atau cadel, ya. Nama dari soto asal Provinsi Sulawesi Selatan ini memang Coto Makassar.

Coto Makassar adalah salah satu kuliner kebanggaan Kota Makassar yang terkenal akan citarasanya yang gurih. Kuahnya terbuat dari rebusan jeroan yang dipadu bersama rempah-rempah lainnya. Semangkuk Coto Makassar biasanya berisi beraneka macam jeroan sapi, mulai dari usus hingga hati yang ditaburi bawang goreng dan daun bawang diatasnya. Jika biasanya soto pada umumnya disajikan dengan nasi, Coto Makassar disajikan dengan ketupat.

Dari ulasan diatas, sobatgenz jadi semakin mengenal soto beserta kesepuluh jenisnya kan? Beragam jenis soto yang ada di Indonesia menunjukan betapa kaya kuliner yang dimiliki tanah air tercinta ini. Dari kesepuluh soto yang dibahas diatas, soto apa yang paling sobatgenz suka?

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done