TIPS! Cara Menghematkan Uang di Umur-20an - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Monday, 17 August 2020

TIPS! Cara Menghematkan Uang di Umur-20an

sumber : koinworks.com

Bukan sebuah rahasia lagi jika kawula muda banyak menggandrungi gaya hidup yang boros demi memenuhi keinginan mereka yang beragam. Kamu pun sama seperti mereka bukan? Padahal menghemat uang sejak dini tentunya akna sangat berharga bagi dirimu di masa depan.

Meski begitu, zaman sekarang orang-orang menjadi sangat konsumtif dan sulit untuk menyisihkan uang. Menyimpan sejumlah uang kamu mungkin jadi hal yang sulit tapi bisa dilakukan dengan tekad dan niat yang kuat untuk meraih suatu tujuan tertentu. Gimana, sih, cara menghemat uang di usia 20-an? Berikut caranya:

1. Tunda Pembelian

sumber : femina.co.id

Cara pertama yang bisa dicoba adalah menahan diri untuk membeli sesuatu apalagi benda-benda yang masuk dalam kebutuhan sekunder atau sekadar keinginan ‘anak muda’. Menahan diri adalah hal yang cukup sulit dan harus dibiasakan. Jika keinginan itu terus mencuat, cobalah untuk berpikir dua kali atau seribu kali sebelum membeli. Jika cara itu tidak cukup bekerja, mungkin kamu bisa menunggu sedikit lebih lama untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau.


2. Berburu Diskon

sumber : facebook.com

Menjadi pemburu diskon sudah menjadi profesi banyak orang di zaman serba mudah ini. Menghemat uang dan diskon akan selalu memiliki keterkaitan. Kamu boleh mengecek dulu apakah toko di mana kamu ingin membeli memiliki diskon atau tidak. Apalagi, online shop kini banyak menawarkan voucher gratis ongkir hingga promo cashback yang menggiurkan. Sepertinya, ini merupakan cara menghemat uang yang digemari banyak orang.

3.  Hentikan Berlangganan Tv Kabel

Image source: shopback.co.id

TV kabel memang menawarkan tontonan dan hiburan yang menarik dan lebih banyak pilihannya. Meski begitu, hitung juga seberapa sering kamu di rumah untuk menonton TV. Daripada membayar biaya TV Kabel setiap bulannya, kamu bisa menghemat lebih banyak uang jika beralih ke aplikasi masa kini yang menawarkan hal yang sama melalui smartphone milikmu.

4. Cari Hiburan yang "Gratis"

sumber: vectorstock.com

Tidak perlu gengsi menjadi kaum gratisan. Justru, uang tabungan kamu bisa terkumpul lebih banyak. Benar saja, di usia muda, orang biasanya banyak menghabiskan uang untuk memenuhi kebutuhan mereka akan hiburan. Pergi menonton di bioskop, datang ke konser lokal maupun internasional, nongkrong di caffe, dan sebagainya. Usahakan cari hiburan ‘gratisan’ seperti menonton live music di mall.

5. Bawa Makan Dari Rumah

sumber : blibli.com

Membawa bekal untuk makan siang saat bekerja adalah cara menghemat yang paling tepat bagi kaum muda. Kamu bisa mengeluarkan 20 ribu rupiah untuk sekali makan siang. Lima hari kerja saja kamu sudah meengeluarkan 100 ribu rupiah hanya untuk makan siang. Berdasarkan data  dari koinworks.com, kamu bisa menghemat hingga 400 ribu per bulan atau 4,8 juta dalam satu tahun jika selalu membawa bekal makan siang saat bekerja.

Sejak di bangku sekolah, tentunya kita banyak mendapat edukasi bahwa menabung memiliki banyak manfaat bagi kehidupan di masa depan. Selain menabung, kamu juga bisa melakukan investasi. Apapun jenisnya, kamu juga harus tetap berpikir rasional dan kritis jika akan berinvestasi.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done