TIPS! Mau Jadi Vegetarian? Ikuti 5 Langkah Sederhana Ini - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Monday, 17 August 2020

TIPS! Mau Jadi Vegetarian? Ikuti 5 Langkah Sederhana Ini

 sumber : womenshealthmag.com

Makanan hingga pola makan menjadi bagian gaya hidup yang sangat dekat dengan kita. Mengubah gaya hidup menjadi seorang vegetarian tentunya bukan hal yang mudah. Apalagi, jika kamu termasuk orang yang jarang sekali mengonsumsi sayuran. Butuh penyesuaian terlebih dahulu hingga benar-benar terbiasa dengan pola makan yang baru. Berikut cara terbaik menjadi seorang vegetarian bagi pemula.

1.  Ketahui Tipe-Tipe Vegetarian


sumber : idntimes.com

Ternyata, para vegetarian atau mereka yang memakan sayuran dan buah-buahan saja memiliki tipe yang berbeda. Hal ini dibedakan melalui pola makan yang dilakukan vegetarian tersebut. Seorang vegetarian banyak dinilai sebagai orang yang makan sayur atau buah-buahan saja. Nyatanya, masih banyak vegetarian yang masih mengonsumsi makanan hewani, lho.

Cara yang akan kamu pilih untuk menjadi vegetarian nantinya akan semakin efektif saat mengetahui beberapa tipe-tipe vegetarian.

    • Ovo Vegetarian: Mereka tidak makan bahan pangan hewani, kecuali telur (turunan hewani).
    • Lacto Vegetarian: Mereka tidak makan bahan pangan hewani, kecuali susu dan produknya (turunan hewani).
    • Lacto-Ovo Vegetarian:  Mereka tidak makan bahan pangan hewani, kecuali telur, susu, serta produknya.
    • Pesco Vegetarian/Pescatarian: Mereka hanya memakan ikan sebagai bagian dari bahan pangan hewani-nya.
    • Pollo Vegetarian: Mereka hanya memakan daging unggas sebagai bagian dari bahan pangan hewani-nya.
    • Vegan: Mereka tidak makan daging merah, daging unggas, ikan, susu, telur, ataupun bahan pangan hewani lainnya beserta turunan dan produknya.

2. Menggunakan Alternatif Sebagai Pengganti Bahan Hewani


sumber : kumparan.com

Sebagai mahluk omnivora, sepertinya akan sulit jika hanya memakan satu jenis bahan pangan saja. Terlebih, jika kamu memiliki makanan favorit yang dibuat dari bahan hewani. Cara terbaik adalah mencari bahan alternatif dari sumber nabati sebagai penggantinya.

Daging merah, unggas, hingga  ikan bisa diganti dengan tahu tempe, seitan (daging tiruan), Nangka, dan jamur. Sementara bahan turunan seperti susu dan keju bisa diganti dengan santan, atau olahan kacang-kacangan seperti susu kedelai atau almond.

3. Cermati Setiap Label Makanan yang Hendak Dibeli


sumber : selfhacked.com

Kita setuju bahwa bahan pangan hewani tidak hanya berupa daging, susu, ataupun telur saja. Dibutuhkan kecermatan dalam memperatikan setiap komposisi makanan atau minuman yang akan dikonsumsi jika kamu ingin berhasil menjalani gaya hidup sebagai seorang vegetarian.

Jika kamu adalah tipe vegetarian kecuali lacto vegetarian, ada beberapa bahan yang juga perlu diperhatikan. Misalnya saja madu yang terdapat dalam produk kecantikan ataupun teh, dan olahan makanan lainnya. Selain itu, bahan lain yang perlu dihindari untuk menjadi vegetarian yang sukses adalah gelatin atau kolagen dalam permen kenyal dan marshmellow. Whey serta kasein pada keju, roti, permen, dan krimmer juga harus dihindari. Terakhir, ada juga bahan L-sistein yang biasanya terdapat dalam roti serta kue.

4. Pastikan Nutrisi Tercukupi


sumber : lucciola.id

Baik bahan pangan nabati maupun hewani memiliki kandungan nutrisi masing-masing yang tentunya dibutuhkan oleh tubuh. Menjadi vegetarian memang tergolong gaya hidup yang sehat terutama bagi jantung serta menurunkan risiko kanker dan diabetes. Meski begitu, kamu yang memilih untuk menjadi seorang vegetarian berisiko juga kekurangan nutrisi seperti vitamin B12, zat besi, serta asam lemak omega-3 yang banyak terdapat di makanan hewani. Solusinya, mungkin kamu bisa memperoleh nutrisi tersebut melalui suplemen atau makanan lain.

5. Buat Menu Sederhana


sumber : chelseamernutrition.com

Bagian yang cukup sulit dari pola hidup para vegetarian pemula adalah menemukan hidangan yang tidak mengandung bahan pangan hewani. Untuk itu, kamu bisa melakukan beberapa riset terlebih dahulu terhadap sejumlah makanan yang tidak mengandung hewani. Kemudian, buatlah sejumlah menu sederhana. Misalnya, sarapan menggunakan oatmeal, makan siang dengan salad, dan makan malam dengan tortilla gulung isi sayuran.

Menjadi vegetarian memang memerlukan tekad dan niat yang kuat. Meski begitu, banyak cara untuk menjalani pola hidup yang sehat menjadi seorang vegetarian. Kamu bisa memilih cara yang paling sesuai dengan kebiasaanmu.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done